Gorontalo Diving Trips

Hi E.A.T.S Lovers! Di blog kali ini, aku akan menceritakan pengalaman aku pas pergi diving trip di Gorontalo, Sulawesi. Indonesia itu adalah negara dengan berjuta pulau atau biasanya itu Indonesia selalu di panggil dengan Negara Seribu Pulau. Indonesia juga salah satu negara untuk para divers, contohnya ada Raja Ampat, Bali, Lombok, Sulawesi dan lain lain. Nah , nanti aku akan bagi nih info info perjalanannya. Sekarang aku mulai dari perjalanan dari hari pertama hingga hari terkahir trip. Short trip ini di mulai pada tanggal 3 Maret 2017 hingga 5 Maret 2017.

Day 1

Pengenalan dulu ya, Di trip ini ada 7 orang ya ikut nih:

1) Nicholas Hanky (@nicholashanky), Dia ini lah yang membuat group trip ini. jadi ya anggepan lah ya dia itu leader nya hehehe. 

2) Anne Leticia  (@anneleticia_r), Dia ini pacarnya Leader a.k.a Nicholas Hanky.

3) Hokky Oloan Tio (@hokkyotio), ini aku yang nulis blog ini atau foundernya E.A.T.S ( Eat And Travel Story)

4) Henji Wong (@henjiwong), Dia ini adalah Instagramer dan blogger terkenal hehehe.

5) Mikaela /Ci Jenny (@sweetdrama), Dia ini salah satu diver dan temannya Nicholas Hanky. Orangnya bawel dan lucu hahaha.

6) Jonathan Xavier Wisanto (@jonathanxavierwisanto), Dia ini juga salah satu temannya Nicholas dan ternyata juga mantan pacar saudaranya Henji Wong (dunia sempit ya? hahah)

7) Ko Isaac (no instagram), Dia ini statusnya masih kurang jelas antara temannya Ci Jenny ato gebetannya. Sampe sekarang pun aku juga masih tidak tahu hahaha #MysteryGorontaloTrip

Dari Kiri: Ko Isaac (7), Ci Jenny (5), Jonathan (6), Henji Wong (4), Me (3), Anne (2) and Nicholas (1)


Pesawat kita itu jam 5 pagi dari Jakarta ke Gorontalo. Kita semua bertemu di Soekarno Hatta International Airport untuk melakukan check-in bersama. Di airport tuh keadaan rame banget untung aja ada yang udah duluan sampe jadi antrinya gak gitu parah hahaha.

Sebelum kita sampe di Gorontalo, kita harus transit dulu di Makassar 20 menit, setelah itu baru deh kita terbang lagi menuju tempat tujuan.

Sesampenya kita di Gorontalo, itu kira kira jam 11 an siang, kita langsung menuju Hotel Maqna By Prasanthi. Menurut aku ini hotel yang paling bagus di Gorontalo dan yang paling penting itu bersih. Kamarnya tuh bersih dan rapi. Kalian yang mau trip ke Gorontalo dan mencari hotel yang bersih dan murah, aku rekomendasikan Hotel Maqna By Prasanthi ini.


Hotel Maqna By Prasanthi (taken at google)

Room di Hotel Maqna By Prasanthi (Taken at google)
 Setelah kita check in dari hotel, kita pergi untuk makan siang di mall. oh iya, di bawah Hotel Maqna itu mall. Setelah makan siang, kita menuju tempat diving center. Nama tempatnya adalah Miguel's Diving. Kalian boleh check facebook page mereka dan aku sih rekomen banget buat kalian yang mau diving di Gorontalo. link nya: https://www.facebook.com/miguelsdivinggorontalo/

Di hari pertama ini, aku bersama leti dan Henji hanya bisa Snorkeling dan yang lainya melakukan test diving. Snorkeling aja sih udah bagus banget apa lagi diving ya? nih ada photo-photonya pas snorkeling.

Henji Wong and starfish

Hokky and starfish


Henji Wong lagi free diving

Anne Leticia the Mermaid from Gorontalo hahaha



Setelah selesai beraktivitas di laut, kita semua pergi makan di RM. Ohara. Maaf ya tidak ada foto makanannya, soalnya setelah beraktivitas di laut semua pada kelaperan kecuali Ci Jenny (soalnya dia lemah) hahaha jadi makanan sampe ke meja udah abis deh sebelum di foto. Setelah makan malam kita semua balik ke hotel dan beristirahat.

Day 2

Hari ini adalah hari yang paling aku tunggu-tunggu. Kenapa? karena akhirnya hari ini aku bisa diving sama yang lain untuk melihat Hiu Paus (Whale Shark) dan di 2 spots diving berbeda. Jadi untuk melihat Hiu Paus ini kita harus naik kapal menuju diving spot pertama di Desa Botubarani. Konon ceritanya ada banyak whale shark di Gorontalo itu karena di Desa Botubarani itu ada pabrik udang dan limbahnya di buang ke laut. Limbahnya itulah yang menarik perhatian whale shark dan membuat itu menjadi pokok makanannya di Kepulauan Sulawesi ini.



Hokky lagi diving bersama Whale shark


Anne Leticia lagi berenang bersama Whale Shark

Gorontalo Whale Shark Diving Trip Crews without Anne Leticia

Setelah kita diving di Desa Botubarani, kita lanjut untuk diving di spot ke dua. Di spot kedua ini, kata pemandu diving kita bahwa tempat itu belum di beri nama atau spot baru. Jadi mereka bilang boleh memberi nama tempat ini sesuai keinginan kita. Kita memberi nama spot diving ini adalah Spot Diving Keluarga Cemara hahaha. Kenapa Keluarga Cemara? itu karena candaan kita untuk nama group diving trip kita. Kata pemandu kita orang pertama yang diving di spot ini, jujur merasa privilege banget kita. Spot diving kedua ini juga gak kalah bagus sama yang pertama. kalo yang pertama itu bagus karena kita dapat melihat Hiu Paus sedangkan yang kedua ini banyak banget terumbu karang yang cantik dan kehidupan ikan-ikannya juga ramai. Nih photo-photo dan video nya.

Clown Fish

Setelah diving spot kedua, kita bertepi dulu ke pantai di salah satu pulau sekitar untuk makan siang. Makan siang kita itu sudah include dalam perjalanan trip ini. kita makan masakan lokal disana, dan rasanya juga enak banget. Sambalnya pedes banget, ikannya segar dan gurih, di tambah dengan sayur bunga pepaya yang di tumis sama kangkung. Yum! enak banget! Sayangnya aku gak ada fotonya karena udah keburu laper duluan hahaha sangking lapernya ngeliat ikan di laut pas diving aja udah kepikiran ikan bakar, ngeliat kambing di pulau sekitar udah kepikiran sate kambing hahaha bener-bener laper banget setelah diving. Usai makan siang kita lanjut lagi nih untuk pergi ke diving spot terakhir kita buat hari ini yaitu Sunrise Garden. Dari namanya aja sudah bagus banget apalagi pas divingnya ya? hehehe tapi sayangnya untuk pemula yang belum punya license diving, gak bisa menikmati keindahan Sunrise Garden ini, karena untuk melihat keindahan ini kita harus diving sedalam kurang lebih 15 m. Jadi aku bersama Leti dan Henji hanya bisa diving di sekitar area itu yang dimana bisa di masuki oleh Discovery Diving. Aku ada meminta seberapa photo kok dari teman-teman ku yang diving. hasilnya menakjubkan banget! benre-bener WOW! nih photo-photonya.

Lion Fish

Macro Photography by Ko Isaac

Ko Isaac diving moment

Semua selfie sebelum diving. Dari kiri: Ko Isaac, Henji, Ci Jenny, Jonathan, Hokky,Nicholas dan Anne Leticia

Bagus banget kan photo-photonya. Setelah itu kita bersiap siap untuk berlayar kembali ke dermaga. Pada saat kita kembali ke derrmaga kita tidak lupa juga untuk photo bersama sunset. Nih photonya:

Dari kiri: Henji Wong, Hokky, Anne dan Nicholas

Setibanya kita di demarga kita melakukan pembayaran dan ternyata harga divingnya murah banget. Harga diving itu sudah termasuk transport, makan, sewa alat diving dan divingnya. Total untuk aku yang 3x Diving dan 1x Snorkeling itu IDR 1.600.000,- Nett / orang dan untuk yang 4x Diving dan sudah punya license itu IDR 1.650.000,- Nett / orang. Murah kan? dan kalian yang mau diving bisa menikmati semua keindahan laut nya gorontalo. Walaupun aku gak bisa pergi ke semua spot diving disana tapi aku udah puas banget (walaupun sebetulnya masih kurang. pengen lagi!).


Day 3

Tak di sangka waktu berjalan dengan cepat dan hari ini adalah harinya kita untuk pulang ke Jakarta. Tapi sebelum kita semua terbang kembali ke Jakarta, kita meluang kan waktu untuk pergi ke Pantai Olele. Dari situ kita akan naik perahu milik warga untuk pergi ke salah satu diving spot di daerah situ. Oh! Untuk Pantai Olele nih ada pemandangannya.



Pantai Olele Captured by @HOKKYOTIO



Kita berangkat menuju Diving Spot di daerah pantai Olele itu namanya Goa Jhin. Tempatnya bagus banget, tapi karena hari ini kita akan pulang ke Jakarta, jadi kita tidak melakukan diving disini. Fact: 18 jam sebelum kalian naik pesawat, kalian dilarang untuk pergi diving. Di karenakan perbedaan altitude antara bawah laut dan di udara itu sangat berbeda yang dapat membahayakan tubuh kita. Jadi jangan keasikan ya kalo sudah diving sampe lupa pulang hehehe. Untuk di goa Jhin, Aku hanya bisa kasih photo bersama aja ya, untuk yang pengen tau seperti apa? Ayo visit Gorontalo, Sulawesi, Indonesia. Di jamin kalian akan terpana oleh keindahan alam disana.
Ini dia photo dan video yang kita lakukan di Goa Jhin.

Dari kiri ke kanan: Hokky, Nicholas, Jonathan, Leticia and Henji





Setelah dari Goa Jhin, kita kembali ke Pantai Olele dan bersiap untuk kembali ke hotel. Setelah kita kembali ke hotel, kita bersiap siap dan ready to check out. Setelah check out, kita berangkat ke airport dan siap untuk mengakhiri acara liburan kita.


Untuk Nicholas Hanky, Anne Leticia, Henji Wong, Jonathan Xavier, Ci Jenny dan Ko Isaac, Thank you so much untuk trip yang menyenangkan ini. Thank you juga untuk Miguel's Diving Center for the fun and lessons of diving, and last but not least, thank you so much untuk Hotel Maqna By Prasanthi for a comfortable and clean place to stay.

Can't wait for the next trip together again. And for E.A.T.S Lovers, stay tuned for our next Makan-makan and Trips. Bye! :)



Comments

Popular Posts